Edukasi Emotional Demonstration untuk Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Minat terhadap Konsumsi Buah dan Sayur pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Jambi

Article History

Submited : October 19, 2023
Published : March 5, 2024

Kelompok remaja adalah kelompok rentan dan prioritas dalam program perbaikan gizi. Upaya memperbaiki gizi remaja adalah upaya berkesinambungan yang memberikan dampak jangka panjang yaitu perbaikan kualitas sumber daya manusia, mencegah penyakit kardiovaskuler di masa dewasa, mencegah komplikasi kehamilan, BBLR dan stunting. Kota Jambi menjadi urutan ketiga di Provinsi Jambi dengan prevalensi remaja stunting dan Provinsi Jambi menjadi provinsi tertinggi pertama di Pulau Sumatera untuk status gizi remaja gemuk dan obesitas remaja kelompok umur 13-15 tahun, serta skor konsumsi buah dan sayur hanya 42 dibandingkan dengan skor konsumsi pangan lainnya. Mitra Pengabdian ini adalah SMP Negeri 008 Kota Jambi. Pelaksanaan emo demo dalam penelitian ini memodifikasi modul “cemilan sembarangan”, “sumber makanan zat besi” dan modul ‘ditarik ke segala arah’ yang diinisiasi dari GAIN dengan sasaran yang berbeda yaitu remaja putri dengan konsep edukasi konsumsi sayur dan buah. Jumlah siswa yang berpartisipasi dalam pengabdian masyarakat ini adalah 58 remaja yang terdiri dari anggota OSIS dan perwakilan MPK, PRAMUKA, PMR dan Paskibraka, yang dibagi kedalam 4 kelompok kecil dan didampingi masing-masing 2 instruktur emodemo. Waktu pengabdian masyarakat dimulai dari proses penyusunan proposal hingga laporan hasil selama 6 bulan dimulai bulan Mei hingga Oktober 2023. Hasil pengabdian masyarakat ini dapat dilihat dari antusiasme peserta, siswa yang terpilih sangat tertarik dengan metode ini oleh karena sekolah mitra ini belum pernah mendapatan edukasi dengan metode serupa, selama ini hanya dengan ceramah saja. Dari hasil post-test terjadi peningkatan pengetahuan, sikap dan minat siswa dalam mengonsumsi buah dan sayur. Disarankan untuk mengembangkan modul emodemo dengan latar belakang masalah gizi remaja lainnya sehingga tidak hanya mempromosikan konsumsi buah dan sayur tapi juga membudayakan kebiasan hidup sehat lainnya.

Adi, D. I. et al. (2019) ‘Peningkatkan Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Siswa Mts Negeri 2 Jember Dengan Metode Emotional Demonstration (Emo-Demo)’, Prosiding (SENIAS …, pp. 148–152. Available at: https://www.prosidingonline.iik.ac.id/index.php/senias/article/view/92.
Adriani, S. (2018) Edukasi Konsumsi Sayur dan Buah pada Remaja Putri menggunakan Metode Emotional Demonstration di Kecamatan Ajangale Kabupaten Bone. Universitas Hasanuddin.
Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Provinsi Jambi (2019) ‘Laporan Riskesdas Propinsi Jambi2018’, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Jambi, p. 500. Available at: http://anyflip.com/cjsr/qctv.
Badan Pusat Statistik Indonesia (2022) Statistik Indonesia. Edited by Direktorat Diseminasi Statistik. BPS-Statistics Indonesia.
Briawan, D. dkk. (2021). Laporan Pengaruh Perkembangan Teknologi Pangan dan Modernisasi terhadap Perilaku Konsumsi Pangan di Perkotaan dan Perdesaan 15 Provinsi di Indonesia. Penelitian Prioritas Riset Nasional. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Kemenkes RI (2019) Laporan Nasional Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia tahun 2018, Riset Kesehatan Dasar 2018. Jakarta: Lembaga Penerbit Balitbangkes.
Ningtyas, F. W. et al. (2019) ‘Pengenalan Keanekaragaman Pangan Melalui Metode Emotional Demonstration (Emo Demo) Tumpeng Gizi Pada Siswa Mts Negeri 2 Jember’, Senias, pp. 142–147.
Purwanti, D., Suparji and Heru Santoso Wahito Nugroho (2020) ‘The Emo-Demo Method Is An Effective Method In Preventive Behavior Change In Early Marriage Of Young Women’, Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 11(November-Desember), pp. 101–106. Available at: http://dx.doi.org/10.33846/sf11nk417%0A.
Putri, F. K. (2021) ‘Emo-Demo Pentingnya Zat Besi dan Tablet Tambah Darah pada Siswi SMP Labschool UM, Malang’, in Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat 2021 ‘Perguruan Tinggi Mengabdi, Menuju Desa Mandiri’, pp. 130–135.
Soeroso, S. (2016) ‘Masalah Kesehatan Remaja’, Sari Pediatri, 3(3), p. 189. doi: 10.14238/sp3.3.2001.189-97.
Southeast Asian Minister of Education Organization Regional Centre for Food and Nutrition and KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN RI (2019) Gizi dan Kesehatan Remaja. Jakarta: SEAMEO RECFON.
Syafrudin, R. O. (2021) Perubahan Praktik Cuci Tangan Pakai Sabun pada Remaja setelah dilakukan Emotional Demonstration. Universitas Ngudi Waluyo.
Widji Utomo, A. P., Nurdiati, D. S. and Padmawati, R. S. (2016) ‘Rendahnya asupan zat besi dan kepatuhan mengonsumsi tablet besi berhubungan dengan kejadian anemia pada ibu hamil di Wilayah Kerja Puskesmas I Kembaran, Banyumas’, Jurnal Gizi dan Dietetik Indonesia (Indonesian Journal of Nutrition and Dietetics), 3(1), p. 41. doi: 10.21927/ijnd.2015.3(1).41-50.
Ibnu, I., Perdana, S., & Kasyani, K. (2024). Edukasi Emotional Demonstration untuk Peningkatan Pengetahuan, Sikap dan Minat terhadap Konsumsi Buah dan Sayur pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Jambi. Jurnal Pengabdian Gizi Dan Kesehatan Masyarakat, 1(2), 39-46. https://doi.org/10.53823/jpgkm.v1i2.61
Fulltext